Wednesday, June 19, 2013

Fenomena Penampakan atau Pareidolia

Pareidolia adalah fenomena mengenali pola, bentuk, dan benda-benda asing dalam stimulus samar-samar dan kadang-kadang acak. Ini adalah hasil dari otak Anda mencoba untuk "masuk akal" dari masukan yang benar-benar tidak memiliki rasa untuk menemukan di dalamnya. Tetapi juga dalam kasus orang melihat gambar, hantu dan lainnya kemiripan dalam apa yang sebenarnya hanya pola acak yang kebetulan terlihat seperti hal-hal tersebut.

Fenomena psikologis yang menyebabkan beberapa orang untuk melihat atau mendengar gambar samar-samar atau acak atau suara sebagai sesuatu yang signifikan dikenal sebagai pareidolia

Kata pareidolia berasal dari kata Yunani, yang berarti sesuatu yang rusak, salah, bukan, dan Eidolon benda, yang berarti gambar atau bentuk. Pareidolia adalah jenis apophenia, yang merupakan istilah yang lebih umum untuk melihat pola dalam data acak.

Beberapa contoh umum adalah melihat bentuk manusia dalam awan atau gambar manusia di permukaan bulan. Contoh umum termasuk melihat gambar binatang atau wajah-wajah di awan, pria di bulan atau kelinci Bulan,

Mengapa terjadi pareidolia

Ada sejumlah teori tentang penyebab fenomena ini. Para ahli mengatakan pareidolia menyediakan tekad psikologis bagi banyak delusi yang melibatkan indera. Mereka percaya pareidolia bisa berada di balik berbagai penampakan UFO, Elvis dan Loch Ness Rakasa dan pendengaran pesan mengganggu pada catatan ketika mereka dimainkan mundur.

Pareidolia sering memiliki nuansa religius. Sebuah penelitian di Finlandia menemukan bahwa orang yang beragama atau percaya pada supranatural lebih cenderung melihat wajah dalam benda mati dan lanskap. 

Leonardo da Vinci menulis tentang pareidolia sebagai perangkat artistik. "Jika anda melihat ada dinding terlihat dengan berbagai noda atau dengan campuran berbagai jenis batu, jika Anda akan menciptakan beberapa adegan Anda akan dapat melihat di dalamnya kemiripan dengan berbagai lanskap yang berbeda dihiasi dengan gunung, sungai, batu, pohon, dataran, lembah luas, dan berbagai kelompok bukit.

Terkadang seniman menggunakan fenomena ini untuk keuntungan mereka dengan melekatkan gambar tersembunyi dalam pekerjaan mereka.

4 comments:

Older Post ►
 

Copyright 2011 Lintas Berita Fenomenal is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger