Monday, September 3, 2012

Legenda Monster Laut Gurita Raksasa Kraken

Kraken datang dari kata Krake yang di dalam bahasa Skandinavia kata Krake artinya merujuk pada hewan yang tidak sehat atau suatu hal yang aneh. Bila didalam bahasa Jerman merujuk pada kata Gurita. Kraken yaitu masuk legendaris yang berukuran raksasa, yang sampai saat ini dipercayai hidup di perairan pada Norwegia dan Islandia. Ukuran yang luar biasa buat monster ini menakutkan.

Mr. Linnaeus yaitu orang yang pertama kali mengklasifikasi makhluk hidup ke didalam golongan-golongannya. Didalam bukunya itu, ia mengklasifikasikan Kraken ke dalam golongan chepalopoda dengan nama latin microcosmus.

Erik Ludvigsen Pontopiddan, Uskup Bergen yang juga seorang Naturalis, sempat menulis didalam bukunya alami History of Norway yang terbit tahun 1752 jikalau Kraken “tidak dapat disangkal, yaitu monster laut terbesar yang sempat dikenal”.

Menurut Pontopiddan, Kraken mempunyai ukuran sebesar sebuah pulau yang terapung dan mempunyai tentakel layaknya bintang laut. Ia juga mengatakan jikalau makhluk ini dapat menggulung kapal yang melalui dengan tentakelnya dan menariknya ke basic lautan. Tetapi, menurut Pontopiddan, bahaya terlebih dari Kraken yaitu riak air yang dahsyat saat ia menyelam ke didalam laut. riak itu dapat menenggelamkan kapal yang ada di dekatnya.

Sejak lama, makhluk ini hanya jadi bagian dari mitologi Yunani kuno yang setara dengan sesuatu dongeng. Tetapi saat sisa-sisa bangkai monster ini terdampar di pantai albaek, Denmark, pada tahun 1853, para ilmuwan mulai mengerti jikalau legenda tentang Kraken barangkali benar-benar menurut pada suatu hal yang nyata, yakni cumi-cumi raksasa (giant squid), cumi-cumi kolosal (colossal squid) atau gurita raksasa (giant octopus). Makluk yang populer kerap menyerang kapal yang melalui ini mempunyai banyak tentakel layaknya gurita, yang umumnya menyerang kapal dengan langkah menggulungnya memakai tentakel tersebut dan menariknya kebawah.

Menurut mitologi Yunani, gurita raksasa Kraken adalah anak dari dewa penguasa laut poseidon, lebih dari satu literatur menggambarkan Kraken berwujud gurita raksasa, tetapi lebih dari satu menggambarkan Kraken yaitu gurita raksasa yang memiliki sisik ikan, didalam lebih dari satu cerita juga dikatakan Kraken adalah anak dari Hades, bukan hanya Poseidon, tetapi literatur manapun itu semua setuju bahwa Kraken yaitu monster penjaga laut yang menyeramkan.

Jika banyak pihak yang meyakini Kraken itu benar-benar ada. Lalu, mengapa tidak ada fosil Kraken yang ditemukan ?

1 comments:

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Lintas Berita Fenomenal is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger